Home About Tutobies Others

Rabu, 22 April 2015

Dikira Lanang

Hai semuanya!
Tulisan ini sebenarnya terinspirasi ketika ujian praktek Bahasa Jawa.
Dikira Lanang (baca:dikiro lanang, huruf "o" dibaca seperti kita mengucapkan huruf "o" saat mengatakan telor/Bahasa Indonesia:dikira cowok)  merupakan teks bacaan ketika ujian membaca Bahasa Jawa. Jujur saja teks itu membuatku tertawa terbahak-bahak. Guruku yang sedang menilaiku waktu itu bertanya "Kamu kenapa, kok, tertawa?".
Teman-teman penasaran sama ceritanya? Dibaca yuk! (walaupun ini gak 100% sama gara-gara aku lupa ceritanya).

Dikira Lanang
Wektu iku rambutku tembe dikethok cendhak kaya cah lanang, amarga aku iki cah wadon kang tomboi banget. Aku diajak kancaku (wadon) tilik kancane ing RS. Amarga RS adoh banget, aku karo kancaku numpak bis. Aku lan kancaku iku ngenteni bis ing halte ngarep SMP. Wektu kuwi wayahe cah SMP bali. Akeh cah SMP sing wadon ngenteni bis. Cah SMP iku dhuwure sak aku. Bis wis teka, cah SMP kuwi mlebu ing njero bis. Aku lan kancaku mlebu bis pas cah SMP kuwi wis mlebu kabeh. Aku lan kancaku lungguh ing pinggir dewe. Cah SMP sing nang njero bis kuwi mesam-mesem karo ndeloki aku. Aku bingung. Ana apa ya, kok, cah SMP kuwi ndeloki aku karo mesam-mesem? Aku ngrangkul kancaku amarga aku isin. Cah SMP mau nesu ndeloki aku ngrangkul kancaku. Bis mandek ing halte liya. Cah SMP mau padha mudhun. Aku lan kancaku ora mudun amarga RS isih adoh. Aku takon karo kancaku "Kok cah SMP mau padha mesam-mesem karo ndeloki aku?". 
"Cah SMP mau seneng karo kowe amarga ngertine kowe cah lanang," wangsulane kancaku.
Oalah... jebule kaya kuwi.

Itu versi jawanya. Setelah aku terjemahin jadi gini:

Dikira Cowok
Waktu itu rambutku baru dipotong pendek seperti anak cowok, karena aku ini cewek yang tomboi banget. Aku diajak temanku (cewek) menjenguk temannya di RS. Karena RS jauh sekali, aku dan temanku naik bis. Aku dan temanku menunggu bis di halte di depan SMP. Waktu itu saatnya nak-anak SMP pulang. Banyak anak SMP yang perempuan sedang menunggu bis. Anak-anak SMP itu tingginya se-aku. Bis sudah datang, anak-anak SMP itu masuk ke dalam bis. Aku dan temanku masuk ke dalam bis ketika anak-anak SMP itu sudah masuk semua. Aku dan temanku duduk di paling pinggir. Anak-anak SMP itu senyam-senyum sambil melihatku. Aku bingung. Ada apa, ya, kok, anak-anak SMP itu melihatku sambil senyam-senyum? Aku merangkul temanku karena aku malu. Anak-anak SMP itu cemberut saat melihatku merangkul temanku. Bis berhenti di halte lain. Anak-anak SMP tadi turun. Aku dan temanku tidak turun karena RS masih jauh. Aku bertanya pada temanku "Kenapa anak-anak SMP tadi senyam-senyum sambil melihat aku?"
"Anak-anak SMP tadi suka sama kamu karena tahunya kamu anak cowok," jawab temanku.
Olala... ternyata seperti itu.

Gimana, ceritanya lucu gak?
Tolong berikan comment ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarmu akan dimoderasi. Boleh berkomentar asalkan komentarnya enggak bikin rusuh. Tidak boleh memakai bahasa kasar. Terbuka untuk kritik dan sarannya.