Home About Tutobies Others

Jumat, 23 Desember 2016

[REVIEW] Train to Busan

Assalamualaikum, kawan!

Sudah lama, ya, aku membiarkan blog ini berdebu? Sejak kelas VIII, tugas-tugasku banyak banget. Bahkan kemarin waktu UAS, aku juga masih diberi tugas oleh guruku. Unbeliveable, right? 

Tapi, sekarang, kan, sudah liburan, waktunya untuk melepas segala penat. Liburan kali ini, waktuku lebih banyak dihabiskan di rumah untuk maraton film, baca novel, dan main HP. Salah satu dari film yang kutonton adalah Train to Busan. Aku tahu film ini dari teman-teman sekelasku. 

Nah, kali ini aku akan mengulas film ini. Baca terus, ya, siapa tahu ulasan ini bisa membantu kamu yang lagi cari refrensi film.


Judul: Train to Busan
Penulis naskah: Park Joo-suk
Sutradara: Yeon Sang-ho
Produser: Lee Dong-ha
Pemain: -Gong Yoo sebagai Seok-woo
             -Kim Su-an sebagai Soo An
             -Jung Yu-mi sebagai Sung Kyung
             -Ma Dong-seok sebagai Sang Hwa
             -Choi Woo-shik sebagai Young Guk
             -Ahn So-hee sebagai Jin Hee
             -Kim Ui-Seong sebagai Young Suk
Durasi Film: 118 menit  
Genre: Thriller, Horror, Drama
Rilis: 20 Juli 2016
Bahasa: Korea (Selatan)


Train to Busan adalah film garapan Yeon Sang-ho yang mengangkat tema zombie. Film ini dirilis pada 20 Juli 2016 di Korea Selatan dan entahlah kapan di Indonesia. Btw aku nontonnya dari hasil download-an. Film yang bergenre thriller, horror, dan drama ini (ada unsur dramanya, sih, sedikit), berdurasi 118 menit atau sekitar  1 jam 58 menit.
Awalnya ada sebuah truk yang diizinkan melewati area yang sedang mengalami kebocoran. Pengemudi truk tersebut tidak melihat ada seekor rusa yang melintas, sehingga rusa tersebut tertabrak. Si pengemudi mengira rusa tersebut sudah mati, jadi dia melanjutkan perjalanan. Tanpa Ia ketahui, ternyata rusa tersebut berubah jadi zombie.

Konflik cerita dimulai ketika Seok-woo akan pergi bersama putrinya, Soo An, untuk menemui mantan istrinya di Busan. Mereka menaiki KTX (kereta api cepat Korea) dari Seoul bersama penumpang lain. Ketika kereta akan berangkat, wanita dengan luka gigitan di kakinya masuk. Wanita tersebut berjalan tergopoh-gopoh, kemudian kejang-kejang di kereta. Ternyata, dia terjangkit virus zombie. Kemudian, wanita zombie tersebut menyerang seorang pramugari. Dengan cepat, virus zombie menginfeksi seluruh penumpang di kereta. Namun, ada beberapa penumpang yang belum terinfeksi mencoba bertahan hidup. Mampukah mereka?

Selain Gong Yoo dan Kim Su-an, film ini juga dibintangi oleh beberapa artis ternama lain seperti Jung Yu-mi (berperan sebagai Sung Kyung), Ma Dong-seok (berperan sebagai Sang Hwa atau suaminya Sung Kyung), Choi Woo-shik (berperan sebagai Young Guk), Ahn Soo-hee (berperan sebagai Jin Hee, pacarnya Youg Guk), dan Kim Ui-Seong (berperan sebagai Young Suk).
Menurutku, film ini sangat bagus. Keseruan dalam melawan zombie (?) di film ini sangat nyata. Adegan bertahan dari serangan zombie juga dijamin membuatmu takut, kaget, dan gregetan. Tukang riasnya juga keren, soalnya para zombie di sini kelihatan nyata dan nyeremin. Aku yakin tukang rias di film ini mengahabiskan banyak make up buat mendadani para zombie. He... he... he... 

Di film ini aku suka banget sosok Seok-woo yang bisa merubah sifat egoisnya. Selain itu, aku juga suka sosok Soo An. Aku kira Soo An ini anaknya cuek, tapi ternyata dia loveable banget.

Film ini membuat kita bertanya-tanya, siapa yang akan bertahan hidup sampai akhir. Saranku, kalian jangan berharap tokoh yang kalian sukai akan terus bertahan, soalnya nanti kalian bakal kecewa dengan plot twist film ini.

Jika kamu berpikir film ini cuma berisi kejar-kejaran sama zombie, kamu salah besar. Faktanya film ini mengajarkan kita untuk tidak egois dan rela berkorban demi orang yang kita sayang. Sang penulis naskah tampaknya juga sukses menyelipkan heartwarming scene yang membuatku menangis bombay.

Namun, film ini tidak menjelaskan bagaimana asal mula virus zombie tersebut. Hanya ada segelintir penjelasan yang masih membuatku bertanya-tanya. Ending yang menggantung juga tidak memuaskan hasrat penasaranku *tsaah
Untuk keseluruhan film ini sangat bagus. 9 dari 10 poin. Aku sarankan menonton film ini untuk kalian yang sedang mencari film horror atau film thriller atau film yang bertemakan zombie. Film ini boleh saja jadi tontonan keluarga, tapi kalau kamu punya adik yang masih kecil, lebih baik jangan soalnya nanti dia ketakutan. He... he.. he... Film ini kira-kira cocok untuk yang berumur 10 tahun ke atas.

Sekian dariku semoga bermanfaat. Jangan lupa nonton, ya!
Wassalamualaikum!

Image source:
http://asianwiki.com/Train_To_Busan
https://k-corner.com/2016/09/03/movie-train-to-busan/ 
http://www.itechpost.com/articles/31175/20160919/train-to-busan-sequel-in-the-works-song-joong-ki-lee-min-ho-casting-rumors-arise.htm
 

1 komentar:

  1. kebetulan aku punya filmnya di laptop tapi belum kulihat karena ngga ada subtitle-nya. Maklum ngga bisa bahasa korea

    BalasHapus

Komentarmu akan dimoderasi. Boleh berkomentar asalkan komentarnya enggak bikin rusuh. Tidak boleh memakai bahasa kasar. Terbuka untuk kritik dan sarannya.